Siapa yang tidak suka cokelat? Nah, jika kamu termasuk penggemardessert atau bercita-cita jadi pastry chef, ayo kenalan dengan Barry Callebaut, salah satu perusahaan cokelat terbesar di dunia yang ternyata memiliki jejak kuat juga di Indonesia!
Tidak hanya tentang rasa yang premium, Barry Callebaut juga memiliki komitmen besar terhadapsustainability, edukasi chefmuda, bahkan terus memberikan inovasi menarik seperti cokelat ruby yang memiliki warna merah alami yaitupink chocolate!
Berikut ini Popbela akan membahas 5 hal menarik yang perlu kamu ketahui mengenai Barry Callebaut dan perannya di dunia cokelat di Indonesia.Check it out!
1. Memiliki dua pabrik cokelat di Indonesia
Barry Callebaut memulai operasional bisnisnya di Indonesia sejak 2013 dengan mengakuisisi pabrik kakao yang berada di Bandung, yang telah beroperasi sejak tahun 1968. Selanjutnya, perusahaan tersebut mendirikan dua pabrik cokelat, yaitu di Gresik, Jawa Timur, dan Sumedang, khususnya di Rancaekek, Jawa Barat. Dari sini, cokelat berkualitas tinggi diproduksi dan dikirim ke lebih dari 30 negara.Proudly made in Indonesia!
2. Cokelat kesukaan para profesional, termasuk merek lokal Van Houten
Di Indonesia, Barry Callebaut juga dikenal melalui merek Van Houten Professional, yang sangat terkenal di kalanganchef, baker, sampai ke barista. Produknya sering digunakan di hotel, restoran, dan kafe terkenal. Tidak heran, karena rasa dan kualitasnya telah menjadi standar bagi para profesional.
3. Kerja sama dengan koki ternama dunia dan bantu pengembangan bakat muda Indonesia
Barry Callebaut mengangkat Chef Kirsten Tibballs,chocolatierAsal Australia, sebagai Global Ambassador Callebaut. Ia sering memberikan semangat kepada para koki melaluimasterclass dan media sosial.
Sementara di Indonesia, mereka aktif dalam melatih lebih dari 1.500 orangchef dan baker setiap tahun melalui demo, workshopdan kerja sama dengan sekolah perhotelan. Tujuannya mulia, yaitu agar generasi muda lebih siap menghadapi persaingan di industri kuliner, khususnya dalam dunia cokelat.
4. Beli 25% kakao lokal dan bantu 40.000 petani
Ya, ini bagian yang berkelanjutan!Barry Callebaut mengakuisisi sekitar 25% dari produksi kakao Indonesia, serta lebih dari 60% biji kakao yang dimilikinya telah mendapatkan sertifikasi dari program berkelanjutan seperti Rainforest Alliance dan Cocoa Horizons. Dalam dua tahun terakhir, perusahaan ini juga telah memberikan insentif kepada petani lokal senilai lebih dari US$2 juta atau sekitar Rp32,4 miliar.So, bisa dikatakan bahwa Barry Callebaut tidak hanya menghasilkan cokelat yang lezat, tetapi juga memberikan dampak terhadap lingkungan sekitarnya.
5. Ruby RB2, warna cokelat pink alami yang menjadi favorit kalangan Gen Z dan milenial
Siapa bilang cokelat hanya tersedia dalam warna hitam, putih, dan susu? Mari, kenali Ruby RB2, varian keempat dari Callebaut yang memiliki warna pink alami dan rasa yang unik.fruityyang segar. Cokelat ini dibuat dariruby cocoa beantanpa bahan pewarna atau rasa tambahan. Sangat cocok untuk kamu yang suka mencoba hal barudessert unik dan aesthetic.
Lebih dari separuh tenaga kerja di Indonesia termasuk Gen Z dan milenial yang memiliki selera dan kebiasaan makan camilan yang berbeda. Ruby RB2 memenuhi kebutuhan tersebut—unik, alami, dan tentu saja penuh peluang!pernyataan Ciptadi Sukono selaku Direktur Eksekutif Barry Callebaut ASEAN.
Barry Callebaut menunjukkan bahwa inovasi, rasa, dansustainabilitydapat berjalan seiring dalam setiap gigitan cokelat. Dari dapurchefprofesional hingga toko roti kesukaanmu, mungkin kamu pernah mencoba produknya tanpa menyadari!
5 Rekomendasi Wangi Cokelat Terbaik, Aromanya Bertahan Lama Resep Kue Cokelat Pistachio Dubai Kunafa, Camilan yang Sedang Trending! Resep Dadar Gulung Cokelat Pisang Keju, Lembut dan Meleleh
Comments
Post a Comment